Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire, sebelum anda memutuskan pemesanan, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Alphard adalah produk MPV berkonsep luxury dari Toyota yang diproduksi pertama kali pada 2002 di Jepang. Kemudian hadir di Indonesia mulai tahun 2003.

Mula-mula Toyota Alphard di pasarkan untuk menanggapi gempuran mobil MPV mewah Jepang lainnya yang beredar di Asia termasuk Indonesia, seperti Honda Elysion dan Nissan Elgrand. Kemudian Alphard dan Vellfire justru menjelma jadi MPV terlaris di kelasnya. Bahkan para kompetitor yang disebutkan namanya di atas, sudah tidak lagi dipasarkan.

Toyota Alphard sendiri saat ini sudah memasuki tiga generasi. Masa produksi generasi pertamanya kisaran periode 2002—2007, generasi kedua 2008—2014, dan generasi ketiga dibuat pada 2015 hingga saat ini.

Sedangkan Vellfire, pertama kali didatangkan dan dipasarkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi pada tahun 2015 silam. Jadi jika sebelum tahun tersebut kamu melihat Vellfire beredar di Indonesia, bisa dipastikan mobil ini didatangkan oleh importir umum.

Di awal kemunculannya di Indonesia, Vellfire hanya dipasarkan dalam satu pilihan varian, yakni Vellfire 2.5 G yang mengusung mesin berkapasitas 2,5 liter. Pihak TAM waktu itu menyebut jika Vellfire menghadirkan konsep kendaraan mewah namun dengan nuansa sporty.

Nah selain itu, tentu saja banyak perbedaan lainnya antara Alphard dan Vellfire. Terutama baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota New Alphard dan New Vellfire versi 2021.

Baca juga : Info Promo Wuling Confero

Pada model anyarnya, kedua mobil tersebut mengalami penambahan fitur keselamatan yang lebih baik. Salah satunya lewat penyempurnaan Toyota Safety Sense (TSS). Kemudian paras kendaraan juga dipoles sehingga tampil sesuai dengan segmen yang disasarnya. Bicara penjualan, Alphard dan Vellfire memiliki pangsa pasar wholesale hingga 70,3% selama Januari – April 2021 ini.

“Toyota terus melakukan continuous improvement untuk menghadirkan produk yang lebih baik serta sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang beragam dan terus berkembang. Termasuk Alphard dan Vellfire yang merupakan produk andalan Toyota di segmen MPV Luxury,” kata President Director PT Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda.

Balik lagi soal pembahasan perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire. Jika kamu mau tahu, simak bahasan berikut:

Arti Nama Toyota Alphard dan Vellfire

perbefiredaan Alphard dan Vell
Vellfire merupakan versi yang lebih sporty dari Toyota Alphard

Mungkin banyak yang belum tahu, baik Toyota Alphard dan Vellfire memiliki arti makna nama yang berbeda. Sedikit mengingat Toyota pernah mengungkapkan jika Alphard berasal dari bahasa Yunani yaitu Alpha.

“Alphard yang diambil dari kata Yunani Alpha, ditujukan untuk menampilkan imej bintang paling terang disebuah rasi,” seperti dikutip dari laman Toyota Global.

Ya, Alphard atau Alpha Hydrae adalah bintang yang paling terang di rasi bintang Hydra. Nah rasi bintang hydra ini dalam bahasa Arab adalah Al-Fard. Makna Al-Fard sendiri adalah ‘sang penyendiri’, dimana pada malam hari, bintang Alphard terlihat terang sendiri tanpa ada bintang lain di sekitarnya.

Sedangkan Toyota Vellfire diambil dari dua kata yaitu Velvet dan Fire. Hal ini untuk menggambarkan sebuah mobil yang berkarakter nyaman, tapi tetap menyenangkan.

Dari namanya tersebut, tergambarlah Vellfire dari tampilannya yang jauh lebih sporty dibanding Alphard. Hal tersebut merupakan perwujudkan dari nama yang diberikan oleh Toyota.

Perbedaan Eksterior, Vellfire Lebih Sporty Dibanding Alphard

 

perbedaan alphard vs vellfire - tampak belakang
Vellfire di bagian belakang pakai lampu warna putih kombinasi hitam

Selain arti nama, perbedaan Alphard dan Vellfire tampak di eksterior. Perbedaan paling jelas, bisa kamu lihat di bagian paras.

Toyota Alphard terbaru memiliki grille depan besar berbentuk kotak-kotak menyerupai mulut serangga capung. Sedangkan Vellfire menggunakan grille dengan ornamen horizontal. Selain itu Alphard menggunakan logo khusus, sedangkan Vellfire menggunakan lambang Toyota.

Beralih ke bagian lampu utama atau headlights juga berbeda. Alphard memiliki desain tunggal sementara Vellfire seperti terdiri dari dua bagian, seperti Avanza.

Jika dilihat di bagian samping tak terlalu banyak perbedaan di MPV mewah ini. Bahkan desain velg yang digunakan sama persis. Bahasa desain di bagian buritan juga hampir mirip. Hanya berbeda di warna lampu, kalau Alphard pakai merah. Sementara Toyota Vellfire warnanya putih kombinasi gelap.

Alphard Memiliki Dua Pilihan Mesin

Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

Perbedaan Alphard dan Vellfire selanjutnya ada disektor mesin. Toyota Alphard memiliki dua pilihan mesin dan tiga varian. Jantung mekanis yang tersedia adalah 2.5-liter dan 3.5-liter. Sementara variannya ada 2.5 G, 2.5 X, dan 3.5 Q.

Pada Alphard tipe G dan X memakai mesin in-line, 4-cylinder, 16-valve, DOHC, Dual VVT-i dengan kapasitas 2.494 cc. Jantung mekanis ini memiliki tenaga 180 PS dan torsi 234 Nm yang dipadukan dengan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission).

Sedangkan tipe tertinggi atau Alphard Q menggendong mesin berkapasitas 3.456 6-cylinder, 24 valve, DOHC,  Dual VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga 300 PS dan torsi puncak 360 Nm.

Sedangkan Vellfire hanya ditawarkan dalam satu tipe saja, 2.5 G AT. Mobil ini memakai mesin dan transmisi yang sama dengan Alphard G dan X.

Baca Juga : Promo Dp Minim Suzuki Pick Up

Interior Toyota Alphard Jauh Lebih Mewah Dibanding Vellfire

perbedaan alphard vs vellfire - interior
Interior Alphard 3.5 Q jauh lebih mewah dibanding Vellfire

Perbedaan Alphard dan Vellfire di sektor interior bisa dilihat berdasarkan tipenya. Bisa dikatakan Vellfire 2.5 G yang dijual di Indonesia memiliki interior serupa dengan Alphard 2.5 G.

Keduanya sama-sama punya lampu pemanis interior atau color ceiling illumination yang bisa diganti dalam 16 warna. Kemudian ada pula tirai pelindung sinar matahari di bagian penumpang. Tidak ketinggalan terkait keselamatan, sudah ada Toyota Safety Sense (TSS).

Salah satu yang menjadikan perbedaan adalah detail penggunaan ornamen panel di dashboard dan beberapa bagian interior. Pada Alphard biasanya panel-panel aksen kayu berwarna cokelat. Sedangkan Toyota Vellfire menggunakan gaya kayu yang lebih gelap kehitaman.

Kemudian di bagian speedometer ring. Vellfire pakai warna merah yang membuat kesan sporty semakin terasa.

Jadi siapa MPV pintu geser yang lebih mewah? Jawabannya bisa dibilang adalah Toyota Alphard, terlebih untuk varian 3.5 Q.

Pasalnya mobil ini memiliki tambahan fitur yang membuatnya semakin istimewa, serta tidak dipunya Vellfire. Sebut saja bangku baris kedua bergaya captain seat yang dilengkapi pemanas dan pendingin, serta hadir pula panel pengontrol fitur hiburan. Tentu ini jadi salah satu peningkat kenyaman buat pemilik Alphard.

Lalu TSS di Toyota Alphard 3.5 Q mendapat fitur tambahan berupa rear cross traffic alert yang mampu mendeteksi kendaraan lain di samping. Alhasil membatu pengendara ketika keluar dari parkiran dalam keadaan mundur.

Harga Toyota Alphard Lebih Bervariasi

Alphard tersedia dalam varian 2.5 X yang harganya paling terjangkau dibanding Vellfire

Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire lainnya ada di sisi harga. Toyota Alphard memiliki tiga model. Versi 2.5 X A/T dibanderol Rp 1 miliaran, Alphard 2.5 G A/T Rp 1,2 miliaran, dan varian tertingginya Alphard 3.5 Q A/T dibandrol Rp 1,9 miliaran.

Mengacu laman resmi Auto2000, Toyota Vellfire dipasarkan hanya dengan satu model dibandrol dengan harga Rp 1,2 miliaran.

Sekian ulasan perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire. Subcribe Moladin.com untuk update konten berita otomotif lainnya.

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Tinggalkan komentar